Kamis, 13 November 2014



TELUR ASIN Tak Lekang Waktu, Bagaimana nilai gizinya ????
            Sebagai bahan pangan, telur mengandung hampir semua zat gizi yang diperlukan tubuh kecuali vitamin C dan K. Kandungan mineral-mineral penting yang terkandung dalam telur asin dibandingkan dengan telur bebek segar, hampir tidak ada perubahan nilai gizi yang berarti akibat proses pengasinan.
            Namun justru ada kenaikan salah satu gizi yang cukup berarti. Ini tampak pada kadar kalsiumnya, yaitu dari 64 mg pada telur bebek segar menjadi 120 mg telur bebek asin. Karena dalam proses pembuatannya, telur asin menggunakan media abu dan kapur. Abu dan kapur merupakan sumber kalsium. Ketika garam masuk ke dalam telur, kalsium pun ikut masuk menembus putih telur dan kuning telur secara perlahan.
            Penurunan kandungan nilai gizi setelah diasinkan yang cukup berarti terlihat pada kandungan vitamin A. Hali ini disebabkan karena adanya kerusakan akibat prose penggaraman. Vitamin A memiliki sifat sensitif terhadap garam, terlebih bila garamnya tinggi.
             Mengonsumsi telur asin dengan kadar tinggi akan memberikan dampak kurang baik. Untuk anak-anak, terutama balita, batasan aman mengonsumsi telur asin minimal satu kali dalam seminggu. Bila terlalu sering dapat mengganggu sistem pencernaannya. Sementara bagi orang dewasa tidak ada dampak yang serius yang muncul selama mengonsumsi telur asin dalam jumlah wajar. Jadi, tidak benar bila telur asin mengakibatkan hipertensi. Namun bila dikonsumsi jumlah banyak akan menyebabkan hipertensi.
            Aghar aman mengonsumsi, pilih telur asin yang baik dan sehat. Untuk memilihnya lakukan cara berikut :
1.      Direndam
Rendam telur asin di dalam air tawar atau air yang sudah diberi garam 10 % ( 1 sdtgaram dalam 2 gelas air ), jika telur asin tenggelam maka telur masih dalam keadaan segar. Pastikan pilih warna kulit asin yang cerah dan bersih.
2.      Dibelah
-          Warna putih telur, telur yang bagus putih telurnya terlihat cerah dan bersih.
-          Warna kunig telur, telur yang bagus kuningnya terlihatkuning cerah.
-          Isi telur, telur asin yang bagus tidak kenyal, dan mudah diiris, namun terkadang menempel pada kulit teur bila dikupas.

1 komentar:

  1. KEUNTUNGAN BERMAIN ZEUSBOLA?
    BONUS CASHBACK MENCAPAI 15% + ROLLINGAN 0.6% SETIAP MINGGU
    SANGAT MENGUNTUNGKAN BUKAN?
    CUKUP DAFTAR DAN KAMU BISA BERMAIN SEMUA GAME DI
    ZEUSBOLA.

    CS KAMI SIAP MELAYANI ANDA 24 JAM



    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus